04 Dec

Kunjungi Pediscare Malang, Mahasiswa prodi S1 Keperawatan Belajar Nursingpreneur

06 mei 2023- mahasiswa prodi s1 keperawatan menyelenggarakan berbagai kegiatan nursingprenuer. Mulai dari pembutan produk-produk inovasi, seminar dan juga kunjungan industri.
dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah nursing enterprenure mahasiswa prodi s1 keperawatan di tuntut aktif serta kreatif dalam memunculkan ide-ide baru berwirausaha dalam bidang keperawatan.

Menjadi seorang perawat yang menjalankan nursepreneurship berarti menjadi seorang pengusaha (nursepreneur) di bidang keperawatan yang mengintegrasikan nilai-nilai keperawatan yang dapat dipertanggungjawabkan langsung kepada klien atas usaha/bisnis yang dijalankannya.

Rio Febrian (2015), dalam bukunya yang berjudul “Nursepreneurship: Gagasan & Praktik Kewirausahaan dalam Keperawatan”, menyatakan bahwa nursepreneur adalah seorang perawat pengusaha yang dalam hal ini bekerja secara mandiri saat memberikan pelayanan keperawatan yang meliputi antara lain perawatan langsung, penelitian, pendidikan, administratif atau konsultasi dalam menciptakan bisnis/usahanya.

Membangun sebuah bisnis bisa dimulai dari mana saja. Ide bisnis justru muncul dari kebiasaan maupun hobi yang dilakukan sehari-hari.

Kali ini kunjungan industri yang di laksanakan oleh mahasiswa S1 keperawatan adalah pada usaha salah seorang perawat asal malang yg mempunyai nursingpreneure berupa pediscare


PedisCare. usaha rintisan asal Malang ini berdiri pada tahun 2015. Startup tersebut fokus untuk menangani perawatan luka pada pasien diabetes.

“Mulanya, usaha ini berdiri seperti praktik tenaga kesehatan biasanya. Namun, pada tahun 2015, kami fokus untuk menangani luka pada diabetes dan ternyata cukup booming di Malang,” kata CEO Pediscare, Ns. Ahmad Hasyim Wibisono, M.Kep, MNg.

Pria yang akrab disapa Hasyim ini menguraikan, seiring berjalannya waktu, permintaan pasien terhadap PedisCare cenderung tinggi. Sehingga, mereka membuka layanan baru.

“Kami memiliki pelayanan 24 jam yang bertugas ke rumah pasien, ada sekitar 30 perawat. Pelan tapi pasti, kami mulai buka cabang di wilayah Kabupaten Malang dan Sidoarjo,” kata dia.

dalam kegiatan ini diharapkan tentunya dapat memberikan wawsan terhadap para mahasiswa dalam ber-nursingpreneure dalam karir mereka kedepannya.

 

Related Posts