04 Dec

Prodi S1 Keperawtan UMLA terima 63 Mahasiswa REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (ALIH KREDIT)/ RPL

mulai 24 Oktober 2023 menjadi awal bagi 63 mahasiswa REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (ALIH KREDIT) /RPL yang berkuliah prodi S1 Keperawatan UMLA. 63 mahasiswa tersebut terdiri dari berbagai RS Baik swasta maupun Negeri dari kota Lamongan dan Bojonegoro. Mulai dari RSM Lamongan, RSUD. dr. Soegiri Lamongan, RSUD. dr. Suyudi Paciran. Rs. Arsy. paciran, RSA. Bojo Negoro. RSM. Kalitidu Cepu. dan masih banyak RS lainnya. 

Program RPL saat ini melaksanaan perkuliahan secara Online. dimana program RPL ini di mulai dengan tahapan sosialisasi terkait agenda program RPL kemudian dilanjutkan dengan test tulis dan test interview terkait pengalaman saat bekerja yang berkaitan dengan mata kuliah dan juga pengetahuan terkait mata kuliah.

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal (Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 26 Tahun 2016). 
RPL bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam sistem pendidikan formal atau disetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja pada bidang yang sangat khusus atau langka dan dibutuhkan oleh negara seperti dosen, instruktur, guru, tenaga kesehatan dan profesi tertentu lainnya yang sangat spesifik. 

Sistem Alih kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi.

menurut ibu rizky asta selaku kordinator program RPL Prodi S1 Keperawtaan mengatakan bahwa" ini bukan program pertamakalinya dilaksanakannya program RPL di prodi S1 Keperawatan, dikarenakan prodi S1 Keperawatan Sudah sering menerima program Alih Jenjang atau biasa disebut program transfer, namun memang agak sedikit berbeda dengan program sebelumnya dikarenakan pada program sebelumya hanya menerima sekitar 32 mahasiswa namun saat ini menerima 63 mahasiswa, yang tentunya juga merupakan angka yg besar dan menjadi semangat tersendiribagi para dosen perawat umla."

Usia Tidak menjadi Penghalang untuk Lanjut Berkuliah, bahkan saat sudah berkeluarga dan juga sembari bekerja. karena kuliah di prodi S1 Keperawatan UMLA menjadi mudah untuk merai cita-cita dan gelar sarjana Anda. 

 

Related Posts